Thursday, March 28, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTiga cara melindungi anak dari permainan yang berbahaya.

Tiga cara melindungi anak dari permainan yang berbahaya.

[AkhirZaman.org] Ketika berusia delapan tahun orangtua Yosua menemukan apa yang Yosua inginkan pada hari Natal, mereka telah merasa meletakkan. Yosua telah memiliki “amukan“ terbaru — Nintendo — bersama dengan permainan yang paling populer, Super Mario Brothers II. Apa pun adalah “membosankan.”

Para tetangga Yosua telah mendengar cerita-cerita yang mengganggu tentang kecanduan Nintendo — atau apa pun yang Anda sebut sebagai fokus yang intens. Jadi mereka tidak menikmati berjuang obsesi pada waktu tidur — atau waktu. Mainan agak mahal, Nintendo berjanji untuk menutup lubang yang cukup besar dalam anggaran mereka, dan toko-toko lokal menjual dari mereka jatah liburan SMB II.

Tahun sebelumnya masih cukup mudah bagi ibu dan ayah Yosua. Yosua hanya ingin angka-angka dan aksesoris mainan “Masters of the Universe”. Harga masih dapat dimaklumi, dan mereka memberikan tahun yang berharga hanya untuk permainan imajinatif. Tentu saja, kengerian dari beberapa figur permainan tersebut menyebabkan kegelisahan mereka.

Orang tua Heidi menghadapi sebuah dilema yang serupa. Putri berusia enam tahun mereka meminta satu set Barbie’s Dream House yang lengkap “Mereka cocok bersama-sama,” ia menjelaskan, “dan semua orang memiliki mereka. “

Barbie lama popularitas gagal untuk membuat supaya disayangi untuk orang tua yang bersangkutan Heidi’s. Mereka sering bertanya-tanya jika boneka melengkung tokoh dan pakaian mencolok mungkin mendorong nilai-nilai dan kecanggihan yang konsisten dengan harapan-harapan mereka untuk Heidi. Apa jenis aspirasi yang dibangun oleh simbol-simbol ini egois materialisme dan citra tubuh isu-isu yang mereka menanamkan dalam gadis-gadis muda pada usia dini?

Jika Barbie utusan hanya berbasis gambar hedonistik kepentingan diri sendiri, beberapa aksesoris lain akan hampir tidak masalah. Tapi pagan dekadensi mengundang anak-anak di mana-mana. “Hanya membuang semua batasan,” itu berteriak, dan membiarkan sifat manusia yang memimpin jalan. Mengikuti perasaan Anda.”

Hal ini sulit untuk mengajar menahan diri untuk anak-anak yang sedang memohon kepuasan. Sekolah dan media telah sering menyatakan orang tua adalah “orang jahat.” Kita, sebagai orang tua, tajam dan jelas merasakan kesenjangan nilai membingungkan dan menyentak pada pemikiran yang merusak kesenangan sekali lagi. Namun kita harus. Jahweh sudah mengatakan kepada kita, orang tua, untuk melatih anak-anak kita untuk mengikuti jalannya, dan kita tidak bisa kembali sekarang. Juga, dia berjanji untuk memungkinkan kita. Diperkaya dengan kebenaran, mari kita memastikan bahwa anak-anak kita memiliki mainan yang meningkatkan kemajuan mereka terhadap Jahweh jenis kedewasaan.

Langkah satu: Mengembangkan kepekaan terhadap kejahatan
Seorang ibu muda yang mengemudi carload anak-anak — termasuk dua dari Gereja — mengajukan pertanyaan ini: “Siapa yang menguasai alam semesta?”

“He Man!” teriak anak anak itu. Sang ibu sedih karena anak-anak memuji dewa mereka. Hatinya ketika satu laki-laki menarik tokoh jelek dari kantongnya dan melambaikannya di udara. “Dan ini adalah Hordak,” dia berteriak. “Ia buruk! Dia berkelahi dengan HeMan!”

Ketertarikan umum kepada dewa-dewa palsu dan makhluk Setan ini telah di mulai dengan pesulap seperti Papa Smurf dan Rainbow Brite. Sementara orang-orang menyambut tanda-tanda ini (dalam penampilan) dari kekuatan gaib, mereka tidak sadar membuka pintu ke alam mengerikan dan sihir gelap juga.

Pada awalnya, kita orang tua menutup mata untuk tren ini-kami tidak ingin bereaksi berlebihan. Bahkan dalam masyarakat gereja, berbicara tentang Iblis dan kerajaannya gelap telah sering dianggap terlalu negatif–. Karena kita gagal untuk menolak, kita secara bertahap disesuaikan dan kemudian menerima praktik-praktik ini. Sekarang saatnya untuk mengurangi, mengambil posisi kita , dan berjuang untuk mendapatkan kembali penegasan dan kebebasan kita. Bagaimana kita melakukan ini?

Terus membaca dan menerapkan Kitab Suci.

Berbagi pengamatan Anda sendiri.

Memicu kesadaran anak muda dengan komentar seperti, “rakasa yang terlihat kotor!” atau “makhluk itu mengingatkan saya pada seekor ular,” serta “Apakah Anda tahu bahwa dalam Alkitab, ular ini selalu mewakili Iblis dan jahat?”

Untuk mengekspresikan perasaan Anda pada anak muda, komentar, “yang ingin angka itu tampak jahat? Saya bahkan tidak ingin melihatnya. Mari kita menemukan sesuatu yang membuat kita merasa bahagia di dalam.”

Model pengambilan keputusan yang bijaksana. Beritahu anak Anda mengapa Anda tidak ingin membeli barang-barang tertentu.

Ketika seorang anak ingin sesuatu yang dipertanyakan, mengajukan pertanyaan yang disesuaikan untuk usia anak Anda, seperti:

Apa yang mainan (atau permainan) ini ajarkan Anda (tentang kekuatan, tentang magic, tentang Allah, tentang diri Anda)? Diskusikan dengan jelas dan halus kepada anak Anda.

Pernahkah Anda melihat film, kartun, atau buku-buku komik yang dibuat ini mainan (permainan) bagian dari cerita? Apa Apakah cerita memberitahu Anda tentang hal itu? Apakah mainan (game) mengingatkan Anda seseorang yang menggunakan kekuatan ajaib atau supranatural? Apakah seseorang berpura-pura menjadi Tuhan?

Apa yang hal ini ajarkan tentang kekerasan atau imoralitas dan konsekuensi?

Apakah mainan memiliki simbol atau ciri-ciri yang menghubungkannya dengan baik sisi terang atau gelap okultisme New Age?

Apa pun indah, ramah dan baik berasal dengan Allah. Iblis tidak dapat menghasilkan sesuatu yang baru. Ia dapat menawarkan yang palsu atau distorsi pintar dari karunia Allah.

Langkah dua: Mendorong anak Anda untuk memilih yang baik

Mengembangkan pola pikir yang berusaha yang terbaik, tidak hanya sekedar “OK.”
Anda telah mengidentifikasi dan menolak mainan terburuk. Tetapi sisanya tidak selalu baik. Membahas pertanyaan-pertanyaan ini untuk membantu anak Anda belajar untuk memilih yang terbaik. Tanyakan pertanyaan sesuai tingkat usia anak Anda.

Apakah itu menyajikan gambaran yang benar dalam hidup? Dalam waktu Kapan bahkan orang dewasa dasar kehidupan mereka palsu impian dan ilusi palsu, anak-anak kita perlu belajar untuk memberitahu apa penerbangan mewah dan apa itu nyata.

Berapa lama akan bunga terakhir? Mode mainan yang menyenangkan untuk saat ini, tetapi mereka memenuhi selera untuk setiap “dalam” hal, sehingga pengambilan keputusan berpusat pada pertanyaan, “apa akan membuat saya merasa bahagia kanan sekarang?” Menentukan untuk tidak membeli itu terbaring. Sayangnya, banyak kualitas mainan perusahaan telah membeli atau diperas keluar oleh raksasa yang dapat membayar harga tinggi untuk televisi promosi. Jangkauan besar mainan garis adalah penyempitan kepada orang-orang yang terlihat glamor pada layar.

Akan mainan ini digunakan untuk bermain sendiri atau dengan orang lain? Seorang anak membutuhkan keseimbangan yang sehat bermain soliter dan sosial. Mainan yang baik akan membantu dia berinteraksi dengan dunia imajiner maupun dengan dunia nyata, menyelaraskan dua. Itu mungkin membutuhkan beberapa interaksi dengan Anda. Mungkin Anda bisa setuju bersama-sama untuk menemukan mainan yang akan membantu Anda, para orangtua, berpartisipasi dalam dunia imajiner anak muda Anda.

Apakah itu membangun karakter yang saleh? Banyak mainan, hobi dan permainan melakukan. Meninjau prinsip-prinsip alkitabiah yang disarankan untuk mengevaluasi film dan program televisi.

Langkah tiga: Melatih anak Anda untuk mengikuti Tuhan, bukan teman.

Kita ingin anak kita merasa baik tentang diri mereka sendiri, disukai oleh rekan-rekan mereka, dan tidak kehilangan kesenangan. Tetapi ketika kita menyadari apa yang teman-teman mereka pilih, kami bertanya-tanya bagaimana anak-anak kita akan menanggapi tekanan. Bagaimana mempersiapkan mereka untuk membuat pilihan yang bijak?

Melindungi dari tekanan sosial. Anak-anak secara alami dibandingkan dengan kita orang tua dari rekan-rekan, menantang kita untuk mencocokkan “kemurahan hati mereka.” Itu sakit, karena kami ingin mereka untuk merasakan kasih kita untuk mereka. Kita melihat apa yang mereka tidak menyadari: bahwa mendapatkan mainan mereka inginkan tidak akan membuat mereka merasa aman dalam kasih kita. Ianya lebih mungkin untuk meningkatkan keinginan mereka dan aduk ketidakpuasan. Juga, mengajarkan mereka untuk menyamakan cinta dengan materi. Jika anak Anda cukup tua, menjelaskan proses ini kepadanya.

Membahas apakah “menunjukkan off” mungkin motif mereka menginginkan sebuah mainan. Makan perasaan itu menghasilkan perbudakan dan meningkatkan rasa tidak aman. Anak-anak serta orang dewasa membutuhkan barang-barang mewah yang unggul, dan produsen mainan cepat untuk memenuhi.

Menjadi trendsetter. Memiliki berlimpah ide-ide dan alat untuk membantu anak Anda dan teman-temannya menggunakan imajinasi dan mengembangkan permainan mereka sendiri: berdandan pakaian (toko barang bekas adalah sumber yang baik), kain untuk membuat wayang, potongan kayu untuk struktur kolam, kulkas karton untuk membuat sebuah playhouse, dll.

Melihat ke dalam Alkitab sebagai petunjuk. Tuhan mengerti keinginan kita untuk mengikuti kerumunan; Ia merasa perjuangan kita untuk menjadi “dalam” dunia tetapi bukan “dari itu” (Yohanes 17:16-18). Menurut umur kesiapan, meninjau Roma 12:1-2 bersama-sama dan kemudian mendiskusikan 3 Yohanes 11 dan Yudas 18-20.

Penyangkalan diri tampak keluar dari tempat di sebuah bangsa yang dikonsumsi dengan pemuasan diri dan pemenuhan diri. Tetapi Allah memerintahkan, dan didemonstrasikan Yesus itu. Berani kita menolak untuk mengakui itu? Sesuai dengan usia anak Anda, membahas kata-kata Yesus dalam Matius 16:24 dan kemudian membiarkan Roh Kudus untuk mengarahkan aplikasi Anda.

Jangan salah. Jauh lebih dari orangtua, Tuhan ingin anak-anaknya untuk menjadi bahagia dan memiliki waktu yang baik. Tetapi ia tidak mau krim puff untuk memuaskan rasa lapar kami dan berbalik dari daging dari kebenaran. Disiplin diri menghasilkan jenis kedewasaan yang akan membawa kebahagiaan selamanya, bukan hanya saat-saat menyenangkan hari.

Bapa Surgawi kita, yang model orangtua yang lebih baik daripada kita, tidak besar pada dangkal. Dia tahu lebih baik daripada untuk memberikan kita hal-hal yang kita inginkan. Untuk anak-anak hanya karena kebanyakan akan memilih pop atas susu, dan keripik atas wortel, jadi kita, sebagai orang dewasa, sering memilih bahwa yang tidak memuaskan. Tuhan tidak mau muslihat sia-sia, karena dia memanggil mereka (Kolose 2:8), cetakan selera kita, memuaskan lapar kami dan menggantikan yang terbaik.

Memang sulit untuk mengajar menahan diri untuk anak-anak yang sedang memohon kepuasan. Ingin menyenangkan daripada bereaksi berlebihan, kita menyentak memikirkan harus terus-menerus menyensor keinginan, preferensi dan keinginan anak-anak kita. Otoritas orangtua hanya tidak cocok pandangan baru cepat menyebar kesetaraan sosial yang diajarkan melalui media dan sekolah-sekolah. Namun, kita harus mentaati Allah. Dia mengatakan kepada kami untuk membesarkan anak-anak kita untuk memilih jalan, dan kita harus naik ke kesempatan, berjuang melawan yang baik, dan tidak menyusut kembali.

Setelah mendengar peringatan Tuhan dan berdoa untuk kebijaksanaan dari Nya, sembilan tahun kemudian Alan Brannan memutuskan untuk membuang semua kartu Pokémon. “Teman saya melakukan hal yang sama,” kata ibunya. “Dia, seorang putra berusia dua belas tahun telah mengalami mimpi buruk. Tapi setelah berdiskusi dengan orang tuanya mengenai permainan dan simbol, ia membakar kartu pokemonnya dan permainan Game boy nya. Malam itu dia tidur baik untuk pertama kalinya dalam sebulan.”

“Tampaknya kita bahwa kartu ini memiliki beberapa jenis kuasa,” terus DiAnna Brannan. “Sembilan-tahun-anak lain yang mencuri uang dari ibunya tas ($7,00) untuk membeli kartu lagi.” Ketika ditanya, dia mengakui dan mengatakan ia mendengar Iblis mendorongnya untuk melakukannya. Keluarga cepat berkumpul dalam doa, kemudian melihat jawaban Tuhan. Kedua anak laki-laki dan adik nya mem bakar kartu mereka, memperingatkan teman-teman mereka, dan menemukan kegembiraan dan kebebasan yang hanya datang dari mengikuti gembalanya.

Latih anak-anak untuk mencintai kebaikan lebih dari kejahatan

Jangan bermain game dengan okultisme! Ouija Boards selalu mengundang penindasan, tetapi mereka jauh lebih mungkin untuk memohon yang tidak diinginkan “Roh” hari ini. Demikian juga dengan generasi baru permainan okultisme dan DVD.

Saya menjadi sadar dari perubahan ini kembali pada tahun sembilan puluhan ketika seorang psikolog Kanada yang menelepon saya. Ia membaca buku saya di bawah mantra dari ibu bumi dan ingin berbagi beberapa pengamatan dengan saya. Dalam tahun-tahun, dia berkata, banyak perempuan akan datang untuk indah Alberta melakukan pribumi Amerika “Roh pencarian” untuk mencari mereka pribadi “hewan Roh.” Sedikit berhasil. Tetapi zaman telah berubah, dan “Roh” yang sekarang menjawab panggilan banyak serta menindas. Mengobati gejala-gejala yang menakutkan sebagai “gangguan kepribadian ganda” ini tidak membantu sama sekali.

Populer okultisme menyebar cepat, dan “roh dunia” telah menjadi semakin lebih mudah diakses. Tetapi beberapa keluarga dilengkapi untuk menolaknya. Gereja-gereja yang kontemporer menawarkan sedikit atau malah tidak membantu. Paling hanya mengabaikan bahaya atau mendukung “menyenangkan.” Untuk menghindari pelanggaran, kejahatan kata dijatuhkan dari kosa kata mereka.

Korban utama kebutaan ini berakhir menjadi anak-anak kita. Kecuali kita mengajar mereka untuk mengenali dan melawan bahaya ini, banyak akan datang untuk merangkul kegelapan.

Mereka yang mengasihi dan mengikuti Tuhan akan ditolak oleh mitos okultisme. Dan mereka yang suka okultisme populer hari ini akan berjalan menjauh dari Allah yang tidak berubah dalam kebenaran dan batas-batas yang bijaksana dan penuh kasih. Sebab jika kita dipenuhi dengan Roh Kudus dan mengikuti jalan, kita akan — oleh hidup-Nya di dalam kita — “membenci yang jahat: dan bersatu untuk apa yang baik” (Roma 12:9).

Dunia merasa ngeri ketika ia mendengar kebenaran ini karena fiksi dan fantasi para terlalu menarik. Itu sebabnya orang menemukan semua jenis argumen untuk membenarkan mereka yang salah arah.

Untuk mempersiapkan anak Anda sehari-hari dalam pertempuran melawan penggodaan rohani, pertimbangkan tiga bagian lain dari kebenaran yang penting:

Perisai Allah — kebenaran ini mengekspos dan mencegah kita dari tipuan paling populer sekarang ini. Bahkan lebih penting, mereka menunjukkan kepada kita jalan untuk hubungan intim dengan Tuhan.

Doa — Ini adalah kebenaran paralel pada baju besi Allah dan melayani tujuan yang sama.

Ucapan bahagia, pesan Yesus, yang tercatat dalam Matius 5, menunjukkan standar untuk kekudusan yang jauh lebih tinggi daripada yang dapat kita capai, tapi datang dengan janji yang — oleh hidup-Nya di dalam kita — Ia akan membuat kita semua menjadi seperti yang Ia mau.Dengan mengingat bahwa orang-orang yang mengikuti Yesus juga akan turut ambil bagian dalam penderitaan-Nya. Oleh karena itu, anak-anak kita perlu dipersiapkan untuk penganiayaan. Tanpa kompromi iman dan kebenaran Allah tidak berubah telah menjadi tak tertahankan di zaman postmodern sekarang ini.

http://goo.gl/uQUMyF

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?