Thursday, March 28, 2024
Google search engine
HomeKeluargaPelajaran KeluargaPengetahuan dan Penurutan Kepada Hukum-hukum Kehidupan (1)

Pengetahuan dan Penurutan Kepada Hukum-hukum Kehidupan (1)

 

Keajaiban Tubuh Manusia.
[AkhirZaman.org] Kita adalah hasil ciptaan Allah, dan firman Nya menyatakan bahwa kita “dijadikan dengan dahsyat dan ajaib.” Ia telah menyediakan tempat kediaman yang hidup bagi pikiran; itu “telah ditempa dengan cermat” sebuah kaabah yang Tuhan Sendiri telah sediakan dengan selayaknya untuk tempat tinggal Roh Kudus Nya. Pikiran mengendalikan seluruh diri manusia. Segala tindakan kita, baik, atau jahat, bersumber pada pikiran. Pikiran yang menyembah Allah dan mempersekutukan kita dengan makhluk makhluk sorga. Namun demikian banyak orang menjalani seluruh hidup mereka tanpa mempunyai pengetahuan sehubungan dengan tubuh manusia yang mengandung harta ini.

Segala organ tubuh adalah hamba-hamba pikiran, dan syaraf-syaraf adalah para pesuruh yang menyampaikan segala perintahnya ke setiap bagian tubuh, sambil memimpin gerakan-gerakan daripada mesin-mesin yang hidup itu.

Apabila mesin mesin tubuh ini dipelajari, perhatian harus diarahkan kepada penyesuaian yang ajaib dari alat alat itu kepada tujuan tujuan perbuatan dan kebergantungan yang serasi dari berbagai organ tubuh. Apabila perhatian pelajar dibangkitkan dengan cara demikian, dan dituntun untuk menyadari pentingnya pendidikan jasmani, maka banyak hal dapat dilakukan oleh guru untuk memperoleh perkembangan yang sepatutnya dan kebiasaan kebiasaan yang benar.

Kesehatan Harus Dijaga.
Oleh karena pikiran dan jiwa menyatakan dirinya melalui tubuh, maka baik kekuatan pikiran dan kerohanian amat bergantung kepada kekuatan dan kegiatan tubuh; apa saja yang meningkat kesehatan jasmani, itu meningkatkan perkembangan satu pikiran yang kuat dan satu tabiat yang seimbang. Tanpa kesehatan, tidak seorangpun dapat mengerti dengan jelas dan memenuhi dengan sempurna akan kewajibannya kepada dirinya sendiri, kepada sesama manusia dan kepada Khaliknya. Oleh sebab itu kesehatan harus dijaga seteliti seperti tabiat. Satu pengetahuan tentang ilmu tubuh manusia dan ilmu kesehatan harus menjadi dasar daripada segala usaha pendidikan.

Banyak Orang Tidak Mau Mempelajari Hukum hukum Kesehatan.
Banyak orang enggan mengadakan usaha yang diperlukan untuk memperoleh suatu pengetahuan tentang undang undang kehidupan dan alat alat yang sederhana untuk digunakan memulihkan kesehatan. Mereka tidak menempatkan diri mereka sendiri dalam hubungan yang benar dengan hidup ini. Bilamana sakit adalah merupakan pelanggaran terhadap hukum alam, mereka tidak berusaha untuk memperbaiki kesalahan kesalahan mereka, dan kemudian meminta berkat berkat Allah.

Kita harus mendidik diri kita sendiri, bukan hanya untuk hidup selaras dengan undang undang kesehatan, tetapi juga untuk mengajar orang lain akan jalan yang lebih baik. Banyak, sekalipun mereka yang mengaku percaya akan kebenaran kebenaran khusus untuk zaman ini, yang tidak mempunyai pengetahuan tentang kesehatan dan pertarakan. Mereka harus dididik, hukum demi hukum, pengajaran demi pengajaran. Hal ini harus tetap segar di dalam ingatan mereka. Hal ini tidak boleh diabaikan begitu saja seperti sesuatu yang tidak penting, oleh karena hampir setiap keluarga perlu diingatkan tentang persoalan ini. Hati nurani harus dibangkitkan kepada tugas untuk menjalankan prinsip prinsip pembaharuan yang sejati.

Azas kesehatan yang berhubungan dengan makanan, gerak badan, perawatan anak anak, perawatan orang sakit, dan banyak hal hal lain yang mirip dengan itu harus mendapat lebih banyak perhatian daripada yang biasanya.

Mempelajari Usaha usaha Pencegahan.
Terlalu sedikit pemikiran diberikan terhadap hal hal yang menjadi sebab kematian, penyakit dan kemerosotan yang ada sekarang ini sekalipun di negara negara yang baik dan beradab. . Umat manusia sedang merosot kepada keadaan yang lebih buruk…. Kebanyakan kejahatan yang mendatangkan penderitaan dan kebinasaan kepada umat manusia bisa dicegah, dan kuasa untuk menghadapi semuanya ini amat bergantung kepada orang tua.

Ajar Anak anak untuk Memikirkan Sebab dan Akibatnya.
teachcckingParents CopyAjar anak anakmu untuk memikirkan sebab dan akibatnya. Tunjukkan kepada mereka bahwa jikalau mereka melanggar undang undang hidup mereka sendiri, maka mereka harus menerima hukumannya dalam bentuk penderitaan. Jikalau engkau tidak melihat adanya perbaikan secepat seperti yang engkau inginkan, jangan kecewa, tetapi berikan pengajaran kepada mereka dengan sabar, dan maju terus sampai kemenangan diperoleh.

Mereka yang mempelajari dan menjalankan azas hidup yang benar akan memperoleh berkatnya yang besar itu, baik secara jasmani dan secara rohani. Satu pengertian tentang filsafat kesehatan adalah satu pelindung terhadap banyak dari antara kejahatan kejahatan yang sedang bertambah tambah.

Biarlah Petunjuk Diberikan Secara Bertahapan.
Anak anak sejak kecilnya harus diajar tentang pelajaran pelajaran yang sederhana dan mudah tentang hal hal yang berhubungan dengan ilmu tubuh manusia dan ilmu kesehatan. Pekerjaan ini harus dimulai oleh ibu di dalam rumah tangga dan dengan setia harus dilanjutkan di sekolah. Apabila murid murid bertambah dewasa, pengajaran di dalam bidang ini harus dilanjutkan sampai mereka sanggup mengurus rumah tempat mereka tinggal. Mereka harus memahami pentingnya menjaga diri dari penyakit dengan memelihara kesegaran setiap anggota tubuh, dan juga harus diajar bagaimana caranya untuk menyembuhkan penyakit atau kecelakaan kecelakaan yang biasa.

Pengetahuan Tentang Fakta fakta Saja Tidaklah Cukup.
Pelajar ilmu tubuh manusia harus diajar bahwa tujuan pelajaran mereka itu bukan sekedar untuk memperoleh pengetahuan tentang fakta dan prinsip saja. Ini saja akan terbukti sedikit saja manfaatnya. Ia boleh jadi mengerti tentang pentingnya ventilasi, ruangannya boleh jadi mempunyai cukup udara bersih; tetapi kecuali ia mengisi paru-parunya dengan sepatut maka ia akan menderita akibat-akibat pernapasan yang tidak sempurna. Demikian pula mungkin pentingnya kebersihan dipahami dan perlengkapan yang diperlukan cukup; tetapi semuanya ini tidak berguna kecuali itu digunakan. Hal yang amat perlu dalam mengajarkan azas ini adalah untuk menanamkan di dalam pikiran seorang murid akan pentingnya semuanya itu, sehingga dia dengan secara sadar akan menjalankannya.

Pengetahuan Tentang Hukum hukum Alam Perlu.
Ada hal hal yang biasanya tidak diikutsertakan dalam mempelajari ilmu tubuh manusia yang harus dipertimbangkan—hal hal yang jauh lebih berharga bagi seorang pelajar daripada banyak teori teori yang biasanya diajarkan dalam pelajaran ini. Sebagai azas dasar daripada segala pendidikan dalam bidang ini, anak muda harus diajar memahami bahwa undang undang alam adalah undang undang Tuhan bersifat ilahi sama seperti peraturan peraturan Sepuluh Hukum. Undang undang yang mengatur organ tubuh kita, Allah telah tuliskan di atas setiap syaraf, otot dan jaringan jaringan tubuh. Setiap pelanggaran yang sengaja dan tidak berhati hati adalah dosa terhadap Khalik kita. Kalau demikian, betapa pentingnya bahwa suatu pengetahuan yang sempurna tentang undang undang ini harus dibagikan!

Keteraturan dalam Makan dan Tidur.
Pentingnya keteraturan dalam waktu makan dan tidur janganlah diabaikan. Oleh karena pekerjaan untuk membangun tubuh terjadi selama jam jam istirahat, maka perlulah, terutama sekali pada masa muda, bahwa tidur harus teratur dan banyak.

Dalam mengatur jam jam untuk tidur, hendaknya jangan ada pekerjaan yang sembarangan. Para pelajar jangan membentuk kebiasaan belajar sampai tengah malam dan menggunakan jam jam pada siang hari untuk tidur. Jikalau mereka telah terbiasa melakukan hal ini di rumah, maka mereka harus memperbaiki kebiasaan ini, dengan cara masuk tidur pada waktunya. Kemudian mereka akan bangun pada waktu pagi dengan keadaan yang segar untuk melaksanakan tugas tugas hari itu.

mknbrsma CopyPegang Teguh Kebiasaan kebiasaan yang Benar dalam Kesehatan.
Kebiasaan kebiasaan yang benar dalam hal makan, minum dan berpakaian harus dipegang teguh. Kebiasaan-kebiasaan yang salah akan mengurangi kepekaan orang muda terhadap pengajaran Alkitab. Anak anak harus dijaga terhadap pemanjaan selera makan, dan terutama sekali terhadap penggunaan narkotika dan benda benda perangsang lainnya. Meja makan orang tua Kristen janganlah dipenuhi oleh makanan makanan yang mengandung bumbu dan rempah rempah. 

Kita tidak boleh memanjakan diri dalam sesuatu kebiasaan yang akan melemahkan kekuatan jasmani ataupun pikiran, atau merusak kekuatan kita dengan cara apapun juga. Kita harus berbuat segala sesuatu di dalam kemampuan kita untuk menjaga diri kita dalam keadaan sehat, agar supaya kita bisa memiliki pembawaan yang baik, pikiran yang terang, sanggup membedakan antara yang suci dengan yang biasa, dan menghormati Allah dalam tubuh kita dan di dalam roh kita, yang menjadi milik Nya.

Pentingnya Sikap Tubuh yang Benar.
Di antara hal hal yang pertama yang harus diusahakan adalah satu letak yang benar, baik pada waktu duduk dan berdiri. Allah menjadikan manusia tegak lurus, dan Ia menghendaki agar dia memiliki bukan saja keuntungan jasmani tetapi juga keuntungan pikiran dan akhlak, sifat sifat yang baik, martabat dan sikap menguasai diri, semangat dan berdiri di atas kaki sendiri, yang cenderung akan ditingkatkan oleh satu sikap tubuh yang tegak. Biarlah guru memberikan petunjuk dalam hal ini melalui teladan dan pengajaran. Tunjukkan bagaima sikap tubuh yang benar itu, dan tuntut agar hal itu dipertahankan.

 

 

 

 

 

 

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?