Friday, March 29, 2024
Google search engine
HomeGaya HidupKesehatanKebiasaan sederhana yang diam-diam sebabkan depresi

Kebiasaan sederhana yang diam-diam sebabkan depresi

[AkhirZaman.org] Dalam kehidupan sehari-hari, manusia tak bisa dipisahkan dari stres. Penyakit mental ini jika dibiarkan lama-kelamaan akan menjadi depresi. Depresi menjadi suatu kondisi dimana penderitanya sering merasa sedih, putus asa, serta seperti tidak memiliki semangat hidup. Jika tidak diobati dengan tepat, depresi mampu membuat penderitanya ingin bunuh diri.

Umumnya depresi disebabkan karena tekanan hidup yang datang, faktor keturunan, serta ketidakseimbangan kimiawi di dalam otak. Namun penelitian yang dilansir dari boldsky.com mengungkapkan bahwa depresi juga mampu terjadi karena kebiasaan sederhana berikut ini.

Terlalu banyak konsumsi junk food
Sebuah penelitian menyatakan bahwa mereka yang doyan mengonsumsi junk food atau makanan olahan lainnya lebih rentan untuk terkena depresi karena kandungan bahan kimia di dalam makanan tersebut akan menyebabkan perubahan kimia di otak.

Jarang bersosialisasi
Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk diri sendiri dan kurang bersosialisasi bisa menyebabkan depresi. Sebab kebiasaan ini menyebabkan timbulnya pikiran negatif dan kesepian.

Social media addict
Kamu orang yang doyan menghabiskan waktu untuk bermain media sosial? Sebaiknya kurang kebiasaan ini. Sebab pengguna media sosial akan cenderung untuk sering multi-tasking yang bisa menyebabkan depresi.

Berada di sekitar orang negatif
Jika kamu menghabiskan banyak waktu berdekatan dengan orang yang negatif dan pesimis, hal tersebut bisa menular pada dirimu yang kemudian akan menyebabkan depresi.

Merokok
Bagi kamu yang merokok, kamu tak menyadari bahwa rokok bisa menyebabkan efek samping yaitu depresi karena kandungan nikotin dalam rokok yang akan mengganggu keseimbangan struktur kimia di otak.

Bermalas-malasan
Jangan jadi pemalas! Karena malas akan membuat kadar hormon serotonin dalam otak meningkat yang akhirnya bisa membuatmu depresi,

Penggunaan pil KB
Dilaporkan bahwa banyak wanita pengguna pil KB yang menderita atau menjadi korban depresi karena pil ini menyebabkan fluktuasi hormon dalam tubuh.

Depresi yang dibiarkan lama-kelamaan akan merusak kesehatan mental. Salah satu caranya agar kamu terhindar dari depresi adalah hindari kebiasaan di atas.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?