Friday, March 29, 2024
Google search engine
HomeGaya HidupKesehatanTujuh Cara Meredam Stress Yang Diderita Anak-anak

Tujuh Cara Meredam Stress Yang Diderita Anak-anak

[AkhirZaman.org] Apakah Anda pernah mengalami kesulitan mengatasi anak-anak Anda yang rewel? Jika ya, cobalah lakukan kegiatan-kegiatan santai di bawah ini bersama anak-anak Anda dan bantu mereka untuk belajar tenang saat mereka merasa stres atau cemas.

Anda mungkin tidak pernah menyangka bahwa anak-anak yang masih kecil pun bisa merasa mengalami rasa stres dan cemas, terutama pada masa perubahan atau pergolakan. Untungnya, ada banyak kegiatan sederhana yang dapat Anda lakukan bersama untuk membantu si kecil untuk belajar menenangkan dirinya sendiri.

Bila Anda mampu mengenali dan mengatasi kecemasan adalah keterampilan yang akan memberi manfaat seumur hidup bagi anak-anak. Cobalah kegiatan-kegiatan sederhana yang bisa menenangkan ini dan lihat mana yang sesuai untuk Anda.

1. Gunakan Pikiran Anda
Ambillah makanan ringan (seperti kismis atau biskuit misalnya) dan mintalah anak Anda untuk mencermatinya (melihat, membauinya, lihat bagaimana rasanya di mulut mereka, cicipi dan dengarkan baik-baik suara saat mengunyah) seolah-olah mereka belum pernah makan itu sebelumnya.

Bagaimana manfaatnya?

Memberi perhatian penuh dan memusatkan sepenuhnya pada apa yang sedang Anda lakukan, menggunakan semua indra Anda untuk mengerjakannya. Mungkin ini terdengar menantang bagi si kecil, tapi berlatih memberi perhatian dengan cara sederhana bisa membantu anak-anak belajar berhenti sejenak dan berpikir sebelum bertindak.

2. Tertawalah
Tontonlah tayangan yang disukai anak Anda, ceritakan lelucon atau saling memperlihatkan wajah-wajah lucu, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk bersantai dan mengatasi kegugupan.

Bagaimana faedahnya?

Tertawa bisa mengurangi hormon stress dan melenturkan dan mengendurkan otot.

3. Tariklah Nafas Dalam-dalam
Ajak anak Anda untuk bernafas, tarik dan buang nafas. Lihatlah di tingkat mana si kecil bisa merasa nyaman. Lakukan terus sampai mereka merasa lebih tenang.

Bagaimana gunanya?

Tahapan bernapas yang Anda ajarkan akan memperlambat denyut jantung si kecil, dan membantu mereka merasa lebih terkendali.

4. Lakukan Peregangan
Rentangkan lengan Anda di atas kepala, berjinjitlah setinggi mungkin, lalu turun kembali.

Mengapa?

Latihlah si kecil untuk meregangkan otot mereka untuk mengurangi ketegangan. Tunjukkan bagaimana mereka bisa berbaring seperti kucing, atau menggapai langit.

5. Pergi ke Udara Bebas dan Perhatikan Awan-awan
Pergilah keluar bersama-sama, perhatikan awan yang beriringan. Lihatlah jika si kecil bisa memperhatikan dan menangkap berbagai karakter kartun favorit diantara awan-awan itu.

Bagaimana?

Teknik yang sudah umum dipraktikan ini membuat anak Anda bisa rileks dan mengalihkan pikiran dari hal-hal lain. Anda bisa melakukan ini bersama latihan pernafasan untuk membantu anak Anda lebih santai lagi.

6. Dengarkan Musik
Dengarkan musik klasik.

Apa gunanya?

Mendengarkan musik santai, terutama musik klasik bisa membantu anak untuk terhenti sejenak dari stress.

7. Menggambar atau Mewarnai
Cobalah ambil kertas dan pensil berwarna, atau gunakan salah satu aplikasi di internet untuk menggambar.

Mengapa?

Menggambar, mencorat-coret di kertas dapat membantu menghilangkan stres karena otak akan beristirahat, dan ini juga bisa memicu kreativitas.

https://goo.gl/5kaXFf

Rumah tangga, terdiri dari ayah dan ibu, serta Anak-anak yang dikaruniakan Tuhan dalam setiap Rumah tangga merupakan suatu harapan dalam setiap keluarga, dimana dengan kehadiran dari Anak-anak tentu akan menambah sukacita dari suatu keluarga kecil di dunia ini. Namun apa yang jadinya jika buah hati keluarga ini, tidak mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari kedua orangtua, sebab kesibukan untuk memperoleh untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Tentu saja Anak-anak ini tentu mengalami stress..

Firman Tuhan menasehatkan kepada kita; Mazmur 103:13 Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.

Ezr.th

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?