Thursday, March 28, 2024
Google search engine
HomePendalamanRenungan Harian Beberapa Sabat dengan Keluarga White (Bagian 2)

[RH] Beberapa Sabat dengan Keluarga White (Bagian 2)

“lngatlah dan kuduskanlah hari Sabat” (Keluaran 20:8).

[AkhirZaman.org] Battle Creek, Sabat, 23 April 1859. Menghadiri pertemuan dan menghibur kelompok.

Nyonya Brackeit, Nyonya Lane dan putrinya, Saudari Scott, dan Nyonya Smith datang dari Convis ke pertemuan itu di Battle Creek. Mereka membuat acara makan malam di rumah kita.* Pertemuan menarik pada hari itu. Saudara Waggoner berkhotbah pada siang hari. Khotbahnya cocok. Pada akhirnya empat jiwa dibaptiskan—Nyonya Hide, Scott, Agnes Irving, dan Saudara Pratt. Pertemuan sore kita menarik. Suami saya tidak pernah memiliki kebebasan yang lebih besar. Roh Tuhan ada pada pertemuan itu. Tuhan memberikan kepada saya kebebasan. Pada kesempatan itu aturan-aturan tentang rumah Tuhan dimasukkan juga. ltu adalah suatu peristiwa yang khidmat dan menarik. Saya tidak sanggup untuk hadir, karena kurang sehat.—Manuscript 6, 1859.

[Denver] Sabat, 20 Juli 1872. Berjalan, menulis dan membaca. lni adalah pagi yang indah. Ini adalah hari Sabat Tuhan dan kami bermaksud untuk memelihara hari Sabat supaya Allah boleh menerima upaya-upaya kita dan supaya jiwa-jiwa kita boleh disegarkan. Kami berjalan, mencari suatu tempat istirahat di mana kita bisa berdoa dan membaca, tetapi kami tidak berhasil. Kami meluangkan hari itu dalam berdiskusi tentang hal-hal keagamaan, penulisan dan membaca.—Manuscript 4, 1872.

[Battle Creek] Sabat, 12 April 1873. Banyak kuniungan misionaris. Suami saya berbicara kepada umai pada slang itu. Saya tetap di rumah sebab saya merasa tidak sanggup untuk hadir. Pada sore hari saya menghadiri pertemuan. . . . 

Setelah pertemuan ditutup saya berkunjung kepada Ella Belden. Berdoa bersamanya. Kemudian saya berkunjung kepada Saudara dan Saudari W. Salisbury. Kami berdoa dengan keluarga itu. Saudara dan Saudari Salisbury berdoa bersama-sama dengan saya. Kami merasa bahwa Tuhan telah memberkati kami. Saya kemudian memanggil Saudara dan Saudari Morse yang sudah tua. . . . Saya berkunjung kepada Saudara dan Saudari Gardner. la hampir mencapai penutupan perjalanannya. Penyakit telah membuatnya demikian lemah. la sangat bergembira karena melihat saya. Kami menyatukan doa bersama-sama dan hati mereka terhibur dan diberkati.-—Manuscript 6, 1873.

*Acara makan pada Sabat di rumah While pada tahun-tahun yang berikutnya digambarkan anak mantu perempuannya dalam suatu pernyataan bertanggal, 16 Oktober 1949: “Sebagai anak menantu perempuan E. G White, saya adalah anggota rumah tangganya lebih dari satu tahun, dan seringkali berada di rumahnya dan membuat perjalanan dengannya selama lebih dari 20 tahun. Saya diminta perihal acara makan pada hari Sabat di rumah White. . . . Selagi persiapan penuh yang mungkin dibuat pada hari Jumat, hari persiapan, bagi acara makan pada hari Sabat. Pada hari Sabat makanan untuk acara makan pagi dan malam disajikan panas-panas, ia sudah dipanaskan dengan segera sebelum acara makan itu. Semua pekerjaan yang tidak perlu dihindarkan pada hari Sabat tetapi bukan pada waktu Ny. White mempertimbangkannya sebagai suatu pelanggaran terhadap ketaatan Sabat yang layak untuk menyediakan kenyamanan-kenyamanan khusus terhadap hidup seperti membangun api untuk memanaskan gedung untuk memanaskan makanan bagi acara makan.“-——(Ditandatangani) Ny. W. C. White.

(3SM 263, 264)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?