Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomePendalamanRenungan Harian Keadaan Tidak Berdosa dan Keselamatan*

[RH] Keadaan Tidak Berdosa dan Keselamatan*

Biarlah Ia kembali menyayangi kita, menghapuskan kesalahan-kesalahan kita dan melemparkan segala dosa kita ke dalam tubir-tubir laut” (Mikha 7:19).

[AkhirZaman.org] Kata Yohanes, pada waktu membicarakan si penipu yang melakukan perbuatan-perbuatan ajaib: la akan mendirikan patung bagi binatang itu, dan akan menyebabkan semua menerima tandanya. Senangkah kamu memikirkan masalah ini?

Selidikilah Kitab Suci, dan lihat. Ada suatu kuasa yang melakukan perbuatan ajaib yang muncul: dan itu akan terjadi ketika manusia sementara mengklaim sebagai yang suci, kudus, dan mengangkat diri mereka lebih tinggi dan lebih tinggi untuk menyombongkan diri sendiri.

Lihat pada Musa dan para nabi; lihat pada Daniel dan Yusuf serta Elia. Perhatikanlah mereka, dan temukan bagi saya adakah suatu kalimat di mana mereka pernah menyatakan diri sebagai orang yang tak berdosa. Jiwa yang berada dalam hubungan yang rapat dengan Kristus, yang melihat kemurnian dan kesempurnaan-Nya, akan tersungkur di hadapan-Nya dengan wajah malu.

Daniel adalah seorang yang kepadanya Allah telah berikan keterampilan dan pengetahuan yang luar biasa, dan ketika ia berpuasa seorang malaikat datang kepadanya dan berkata, “Sebab engkau sangat dikasihi.” Dan ia tersungkur di hadapan sang malaikat. la tidak berkata, “Tuhan, saya sangat setia kepada-Mu dan saya sudah melakukan setiap hal untuk menghormati-Mu dan mempertahankan Firman-Mu dan nama-Mu. Tuhan, Engkau tahu betapa setianya saya dalam hal makanan yang disediakan raja, dan betapa setianya saya dalam mempertahankan integritas saya ketika mereka membuang saya ke dalam lubang singa.” Apakah demikian cara Daniel berdoa kepada Allah?

Tidak; ia berdoa dan mengakui dosa-dosanya, dan berkata, Dengarkaniah, Tuhan, dan lepaskan; kami sudah terpisah jauh dari Firman-Mu dan sudah berdosa. Dan ketika ia melihat malaikat, ia berkata. aku menjadi pucat sama sekali. la tidak bisa melihat wajah malaikat itu, dan ia tidak memiliki kekuatan; semuanya hilang. Jadi malaikat itu datang kepada dia dan membantu dia berdiri di atas lututnya. la tidak bisa melihat malaikat itu ketika itu. Dan selanjutnya malaikat itu muncul kepadanya dengan rupa seorang manusia. Kemudian ia bisa menerima penglihatan itu.

Mengapa ada demikian banyak yang menyatakan diri sebagai yang suci dan tanpa dosa? lni adalah karena mereka berada sangat jauh dari Kristus. Saya tidak pernah berani untuk menyatakan seperti itu dalam tiap hal. Sejak ketika saya berusia 14 tahun, jika saya tahu apa Kehendak Allah. Saya mau melakukannya. Engkau belum pernah mendengar saya berkata bahwa saya tidak berdosa. Mereka yang mendapatkan pandangan kasih dan tabiat agung Kristus Yesus, yang adalah kudus dan yang diangkat tinggi sehingga tuntunan-Nya memenuhi kaabah tubuh, tidak akan pernah mengatakan hal itu. Kendati demikian kita akan menghadapi orang-orang yang akan berkata tentang hal-hal itu lagi dan lagi.—Manuscript 5, 1885.

* Disadur dari khotbah Ellen G White yang disampaikan di Santa Rosa, California, 7 Maret 1885.

(3SM 353, 354)

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?