Friday, April 19, 2024
Google search engine
HomePendalamanRenungan Harian Bahaya Menekankan Kronologi dalam Menyajikan Firman-Nya

[RH] Bahaya Menekankan Kronologi dalam Menyajikan Firman-Nya

“Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain” (Galatia 1:6)

[AkhirZaman.org] Menurut saya ada bahayanya menempatkan terlalu banyak tekanan pada kronologi. Bilamana ini penting untuk keselamatan manusia bahwa ia harus memiliki pengertian yang jelas dan selaras mengenai kronologi dunia, 

Tuhan tidak akan membiarkan adanya perselisihan dan ketidakcocokan yang kita temukan dalam tulisan para sejarawan Alkitab, dan menurut saya belakangan ini pertentangan mengenai waktu tidak terlalu menjadi masalah.

Untuk saya sendiri, saya akan mengatakan hal ini: Makin saya pelajari pengalaman umat Advent, semakin saya rasakan hormat, dan pujian dan besarnya kebijaksanaan Allah di surga yang memberikan orang sederhana seperti William Miller pengertian tentang kebenaran agung dari nubuatan ini. Ini merupakan bukti bagi siapapun yang mempelajari penjelasannya mengenai nubuatan bahwa sementara ia mendapatkan prinsip-prinsip kebenaran, mulanya ia menafsirkan banyak ketidakcocokan dan ketidakakuratan secara terperinci. Pada mulanya ini diterima oleh rekan-rekannya, tetapi Allah menuntun orang-orang yang berpendidikan yang telah mencicipi kesempatan yang lebih luas dalam belajar daripada Miller, dan orang-orang ini melalui penyelidikannya mengenai nubuatan dan sejarah menemukan kebenaran yang dalam banyak hal tidak sesuai dengan penjelasan Miller.

Seseorang yang mempelajari pengalaman ini dengan iman dalam pergerakan besar Advent, sebagaimana tertulis dalam buku Daniel and Revelation, dan dalam Great Controversy, akan bersukacita dengan kebaikan Allah saat mendapati bagaimana Ia telah membawa kebenaran dan terang melalui penyelidikan banyak orang dan bagi saya, kita yang mencintai pekerjaan yang dibangun atas dasar itu wajib memperlakukan dengan sangat baik, penuh pertimbangan, penuh hormat pada pekerjaan yang Allah telah bantu untuk dilakukan Miller.

 

(3SM 448, 449)

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?