1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

8 CARA MENYELESAIKAN KONFLIK RUMAH TANGGA

Konflik

[AkhirZaman.Org] Konflik dalam rumah tangga tidak terhindarkan. Para suami dan istri melihat bebagai hal secara berbedah, dan pernikahan akan sangat membosankan kalau tidak seperti itu. Tetapi dari perbedaan-perbedaan itu bisa muncul ketidak cocokan, dan dari ketodak cocokan itu timbul konflik yang bisa mengakibatkan rasa frustasi dan amarah yang memuncak.

Apabila pasangan suami-istri memandang konflik engan rasa cemas, seolah-olah itu akan mengancam hubungan mereka. Konsep yang salah ini menyebabkan sebagian orang berusaha menghindari konflik dengan tidak mengakui kalau konflik itu ada, dan melarikan diri dari knflik, atau dengan terpaksa memendam perasaan-perasaan itu. Bahkan, kadang-kadang berkembang jadi serius apabila masalah-masalah yang ada itu disimpan rapat-rapat dan tidak dikeluarkan. Bebebrapa aturan sederhana dapat membawah pemecahan masalah secara konstruktif.

1. Pilihlah waktu dan tempat yang baik

Paling bagus kalau menyelesaikan konflik waktu masih hangat, tetapi jika salah satu dari anda masih marah atau tidak rasional, tunda dulu pembicaraan. Tetapi jangan menunda terlalu lama. Dan kalau pasangan anda tidak mengungkit-mengungkit lagi masalah itu barulah anda mengambil inisiatif untuk memecahkan masalah tersebut. Bila membicarakan hal-hal yang penting jangan biarkan ada gangguan yang tidak perlu. Mungkin telepon dimatikan atau sepakat untuk tidak menghiraukan kalau ada orang lain yang memencet bel pintu. Kalau masalah ini tidak terkait dengan anak-anak, katakana bahwa anda berdua hendak membahas hal yang penting dan minta mereka agar tidak mengganggu. Jika anda berdua mampu menyelesaikan masalah itu dengan baik, tidak ada salahnya jika anak-anak ikut dengar dan memperhatikan, anggaplah sedang member contoh kepada mereka bagaimana menyelesaikan ketidak cocokan secara sehat.

Usahakan tidak membahas masalah-masalah yang berat setelah larut malam. Keputusan yang dibuat terlalu malam ketika secara jasmani, pikiran dan jiwa sudah kelelahan cenderung menjadi keputusan yang emosional. Lebih baik menyimpan pembahasan sampai besok setelah anda beristirahat dengan cukup dan bangun lebih wal.

Banyak keluarga yang teratur menyisihkan waktu tertentu setiap pekan sebagai “malam pergumulan.” Ini menghilangkan percakapan yang tidak menyenangkan selama waktu makan dan pada waktu-waktu yang tidak tepat supaya masalah-masalah bisa didiskusikan sebelum masalah berlarut-larut.

2. Katakana secara terus terang

Ungkapkan perasaan anda secara terbuka dan terhormat melalui penggunaan pesan keakuaian  secara efektif. Bicarakanlah secara langsung, jelas, tenang dan tanpa amarah. Sebutkan alasan-alasannya mengapa anda membela pendapat anda. Jelaskan bagaimana anda pikir masalah ini dapat dipecahkan dan apa resikonya. Berbicaralah dengan tenang dan sikap yang terkendali, turunkan nada suara, jangan dengan nada yang tinggi.

3. Tetap pada pokok masalah

Pusatkan pada satu masalah sampai tuntas. Semakin banyak masalah yang dimunculkan pada suatu saat, semakin kecil kemungkinannya untuk dituntaskan. Tetapkan bahwa masalah lain tidak boleh dibahas sebelum satu masalah dipecahkan. Kalau perlu tulis pada secari kertas “agenda pembahasan brikut” dan jangan campuraduk dengan masalah lain. Hindari perdebatan untuk masalah-masalah yang sudah lama lewat. Sepakatilah kalau tuduhan sudah lewat 6 bulan tuduhannya tidak bisa lagi diterima.

4. Tunjukkan rasa hormat

Anda bisa saja tidak setuju dengan pendapat pasangan anda. Mungkin juga anda ditentang dengan keras. Tetapi anda tetap dapat menghargai haknya mempertahankan haknya. Berikut adalah hal-hal yang anda tidak boleh lakukan :

  • Jangan memanggilnya dengan sesuatu sebutan.
  • Jangan mengancam akan menceraikannya.
  • Jangan menyinggung soal saudara-saudara atau keluarganya.
  • Jangan merendahkannya soal penampilan atau kecerdasannya.
  • Jangan melakukan kekerasan fisik.
  • Jangan memaki.
  • Jangan menyela.

Kata-kata yang terlontar dalam keadaan marah tidak dapat ditarik kembali. Tidak ada yang bisa menghapus akibat dari ancaman atau ucapan-ucapan kasar karena amarah. Berbicara dan mendengarkan dengan rasa hormat.

5. Catat jalan keluar.

Apabila perasaan telah diutarakan secara terbuka dan konstruktif anda akan mengerti masalahnya dan mencari alternative yang rasional. Bahaslah setiap kemungkinan jalan keluar sekalipun kelihatannya seperti mustahil, tetapi jangan mengira-ngira hal itu sekarang.

6. Evaluasi pemecahannya.

Begitu semua informasi telah dikemukakan anda berdua bisa melakukan pilihan yang baik mengenai tindakan apa yang dianggap paling tepat. Cermati lagi catatan anda dan bertukar pandangan mengenai akibat-akibatnya sementara anda mengevaluasi setiap pemecahan.

7. Pilih jalan keluar yang paling bisa diterima.

Bersikap tegas pada diri sendiri untuk memilih jalan keluar yang paling memenuhi kebutuhan anda berdua atau kebutuhan pihak yang saling tersakiti. Pilihan ini mungkin memerlukan langkah negosiasi dan kompromi yang baik. Jangan bertujuan untuk menang, sebab kalau ada yang menang pasti ada yang kalah, dan tidak ada yang mau kalah.

Jalan keluar yang dicapai dengan cara salah satu mengalah, mengenai kompromi, atau salah satu memberikan kesempatan pada yang lain lebih dulu daripada sekedar mengalah. Perhatikan agar jangan sampai satu pihak yang selalu mengalah. Sebagaimana bertengkat perlu dua orang, begitu juga perlu dua orang berdamai. Mengalah ditengah konflik membutuhkan kematangan nyata, oleh sebab hal itu berarti anda mengakui bahwa pendapat anda salah dan sekarang anda mau berubah pikiran

8. Laksanakan keputusan.

Tentukan siapa melakukan apa, dimana, dan kapan. Begitu anda mencapai suatu keputusan ingatlah dua orang seringkali memandang persetujuan itu dengan perasaan berbeda. Bila itu terjadi lebih baik kesepakatan itu ditungkan dalam catatan dan kalau perlu masing-masing menandatanganinya. Teknik ini efektif bagi anak-anak juga, terutama para remaja.

Sebuah kesepakatan yang bersahabat dapat menyelesaikan konflik. Acapkali bila salah satu mengalah yang lain akan merasa kesal dan memperlihatkan sikap yang tidak menyenangkan sepanjang hari—tidak mau bicara, kurang tidur, dan mengulangi pertengkaran keesokan harinya. Salah satu pasangan bisa begitu keras kepala. Masing-masing merasa puas untuk kepentingannya sendiri. Tapi apakah soal siapa yang salah dan siapa yang benar itu penting? Pasangan yang paling peduli harus sanggup menyelesaikan persoalan berdasarkan seberapa penting masing-masing menilai kebutuhannya pada saat itu. Pemecahan dapat dicapai dengan lebih mudah bila masing-masing pihak mau melihat masalah itu dari sudut pandang pihak lain.

Pada intinya libatkan Kristus dalam rumah tangga masing-masing dan saling menghargai.

 

Kolose 3:18,19 Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. 

I Petrus  3:7 Demikian juga kamu, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu jangan terhalang.

The complet marriage by nancy van pelt.

Artikel Terkait:

1. KEPUTUSAN YANG TEPAT DALAM MEMILIH TEMAN HIDUP

KEPUTUSAN

Pernikahan Bahagia atau yang Malang. [AkhirZaman.org] Jika orang yang bermaksud menikah tidak menginginkan kesengsaraan, bayangan kemalangan sesudah nikah, mereka memikirkan soal itu dengan sungguh-sungguh dan tekun.  Kalau langkah ini diambil dengan tidak bijaksana, ini akan menjadi salah satu alat yang efektif untuk meruntuhkan daya guna ...
747 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. BAGAIMANA SAYA MENGATASI MASALAH? BELAJAR TENTANG MENANG DAR

BAGAIMANA

[AkhirZaman.org] Secara manusia terkadang kita merasa tidak sanggup dalam mengatasi setiap permasalahan yang datang mendera kehidupan kita, sering terlontar dari bibir kita, bahkan karena semakin merasa tidak sanggup lagi, jalan keluar terbaik ialah lari dari masalah itu sendiri ataupun bertindak nekat tanpa mau menyelesaikan permasalahan itu send...
920 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. ASI: ANTARA KASIH DAN KEJIWAAN

ASI:

[AkhirZaman.org] Pemberian ASI seorang bayi 4-6 bulan pertama cukup mengembangkan nilai kasih dan pertumbuhan jiwa anak. Pentingnya memberi ASI kepada bayi ialah untuk mencegah timbulnya diare  pada anak yang sepenuhnya masih bergantung pada ibunya. Ada bukti pertumbuhan yang memiliki resiko kematian dan penyakit yang diakibatkan karna infeks...
986 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. JANGAN SEPELEHKAN DIA

Jangan

[AkhirZaman.org] Sudah dapat dipastikan seorang anak yang sudah dapat berbicara, ia akan banyak melontarkan pertanyaan yang aneh. Dan tidaklah aneh bila pada suatu ketika, anak anda akan mengajukan sederet pertanyaan yang berkaitan dengan sex. Seperti halnya pertanyaan yang lain pertanyaan ini membutuhkan jawaban yang dapat diterima anak anda. Dan...
1013 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. SIAPA CALON SUAMIMU?

Siapa

[AkhirZaman.org] Kalau ada sesuatu pokok pikiran yang harus dipertimbangkan dengan pertimbangan yang tenang dan tidak disertai emosi, itulah pokok pikiran tentang perkawinan. Kalau Kitab Suci begitu diperlukan sebagai penasihat, hal itu harus diadakan sebelum pria dan wanita dipersatukan dalam ikatan seumur hidup.  Kalau mereka biasa berdoa d...
1015 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. SIAPA CALON ISTRIMU?

Siapa

[AkhirZaman.org] “Seorang istri yang berakal budi adalah karunia Tuhan.” “Hati suaminya percaya kepadanya, suaminya tidak kekurangan keuntungan. Ia berbuat baik kepada suaminya dan tidak berbuat jahat, sepanjang umurnya.” “Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya. Ia mengawasi segala perbuatan ...
1016 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. TUTUP PELUANG UNTUK ORANG KE TIGA

Tutup

[AkhirZaman.org] Hadirnya “The other women” atau orang ketiga, tetap merupakan sebuah ancaman dalam rumah tangga. Tidak sedikit, keluarga yang harmonis menjadi runyam atau lebih dari itu, berantakan sama sekali karenanya.  Isu ini bukan monopoli ‘satu zaman’. Dari zaman dahulu sampai kini isu ini terus ditelaah. Mengapa terjadi adanya...
1034 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. 10 KESALAHAN MENDIDIK ANAK

10

 [AkhirZaman.org] Bila Anda berpikir apakah Anda adalah orang tua yang teladan ? Maka jawaban Anda, pasti tentu saja saya orang tua teladan bagi anak saya. Mana ada sih “Harimau yang memakan anaknya sendiri”, atau mungkin mana mungkin sih kita mencelakakan anak kita sendiri. Orang tua selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi putra...
1077 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. MEMILIH PENDAMPING HIDUP

MEMILIH

[AkhirZaman.org] Tidak ada seorangpun yang hendak menikah ingin sengsara, atau menjalani kehidupan yang malang dalam pernikahan, akan tetapi banyak yang gagal mencegahnya.  Kalau langkah-langkah menujuh pernikahan diambil dengan tidak bijaksana, tidak ada pertimbangan yang tekun dan sungguh-sungguh, maka pernikahan akan menjadi salah satu ala...
1082 hari yang lalu | Selengkapnya »

comments

Artikel Lainnya

IMAGE
Mengapa Harus Mengadakan ...
Demi Kemuliaan Allah [AkhirZaman.org] Dalam kehidupan ini hanya satu kontrak...
Read More...
IMAGE
PEREDARAN DAN LARANGAN MI...
Undang-undang PerizinanPerizinan penjualan minuman keras didukung oleh banyak...
Read More...
IMAGE
PEREDARAN DAN LARANGAN MI...
[AkhirZaman.org] "Celakalah dia yang membangun istananya berdasarkan...
Read More...
IMAGE
Salah Satu Penyebab Kanke...
[AkhirZaman.org] Banyak orang berpikir bahwa deodoran dan antiperspiran ...
Read More...
IMAGE
Diam-diam ini Cara Minuma...
[AkhirZaman.org] Sebuah penelitian di Amerika menemukan bahwa minuman bersoda...
Read More...
IMAGE
APAKAH “ISLAM” ITU NA...
[AkhirZaman.org] Kita telah pelajari menurut sejarah bahwa setelah pengikut...
Read More...
IMAGE
Muhammad Mendirikan Agama
[AkhirZaman.org] “Sesudah orang Quraisy melihat bahwa segala jalan yang...
Read More...
IMAGE
Muhammad Menyeru Kaum Qur...
Reaksi Orang Quraisy Terhadap Pengikut Muhammad[AkhirZaman.org] Diriwayatkan...
Read More...
IMAGE
Muhammad Menyeru Kaum Qur...
[AkhirZaman.org] Setelah pernikahannya dengan Khodijah, seorang janda kaya di...
Read More...
IMAGE
PERTUMBUHAN MUHAMMAD DAN ...
[AkhirZaman.org] Ibrahim anak Terah, keluar dari rumah bapanya dan keluar dari...
Read More...
IMAGE
Pencipta Berkata Ingatlah...
Abad Ketigabelas[AkhirZaman.org] Waldensia. “Mereka katakan bahwa Paus...
Read More...
IMAGE
Pencipta Berkata Ingatlah...
Rantai Kebenaran dari Gema Pegunungan Alpine (Kebenaran Hari Sabat Dipelihara...
Read More...
IMAGE
Pencipta Berkata Ingatlah...
Abad Kedelapan[AkhirZaman.org] Konsili Liftinae, Belgia, tahun 745 (yang...
Read More...
IMAGE
Pencipta Berkata Ingatlah...
[AkhirZaman.org] Ditangkap di kedamaian desanya yang terpencil, Patrick...
Read More...
IMAGE
Pencipta Berkata Ingatlah...
[AkhirZaman.org] Dalam artikel nubuatan lalu kita telah melihat bukti sejarah...
Read More...
IMAGE
Badai Salju Terburuk Meng...
[AkhirZaman.org] Lebih dari 5.000 penerbangan dibatalkan di wilayah Amerika...
Read More...
IMAGE
Anak Yang Datang Kembali ...
[AkhirZaman.org] "Aku tidak mati. Aku tidak pergi ke surga. " Dua pernyataan...
Read More...
IMAGE
Sebagian Besar Pria Inggr...
[AkhirZaman.org] Sebuah studi baru yang melibatkan lebih dari 9.000 warga...
Read More...
IMAGE
Obama Minta Wewenang Baru...
[AkhirZaman.org] Dalam salah satu desakannya kepada seluruh anggota Kongres,...
Read More...
IMAGE
ISIS berencana membunuh '...
[AkhirZaman.org] Jurgen Todenhofer, wartawan Barat pertama yang dikirim dan...
Read More...
IMAGE
[RH] BUKTI CUKUP UNTUK HA...
“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku...
Read More...
IMAGE
[RH] PERMUSUHAN TERHADAP ...
“Janganlah kamu heran, saudara-saudara, apabila dunia membenci kamu.” 1...
Read More...
IMAGE
[RH] PERMUSUHAN TERHADAP ...
“Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci...
Read More...
IMAGE
[RH] PENIPUAN TERAKHIR
“Bila tidak ada wahyu, menjadi liarlah rakyat. Berbahagialah orang yang...
Read More...
IMAGE
[RH] KUASA MEMPESONA DARI...
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh...
Read More...

Data Kunjungan

007207251
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
3302
7520
37248
50092
173385
6796310
7207251

IP Anda: 188.114.104.29
Tanggal: 2015-01-30 11:48:59

Online Saat Ini

We have 44 guests and no members online