1. Skip to Menu
  2. Skip to Content
  3. Skip to Footer

Ashriyanti, PNS yang Mengaku Nabi

akhir zaman

[AkhirZaman.org] Pengakuan sebagai utusan Tuhan alias nabi kembali terjadi. Di Maluku Utara, seorang perempuan bernama lengkap Ashriyanti Samuda (30), warga Kabupaten Kepulauan Sula, mengklaim dirinya sebagai seorang rasul (nabi).

Kita sudah panggil dia untuk berdialog dan kita sidangkan dia. Dia seolah mengklaim dirinya seorang nabi sebagai utusan Allah.-- Rabia M Alhadar

Pengakuan sebagai nabi itu diketahui Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku Utara sejak dua bulan lalu. Namun, MUI Maluku Utara baru memanggil yang bersangkutan untuk disidang pada 15 Juni lalu.

Saat disidang, Ashriyanti tetap berkeras mengklaim dirinya sebagai utusan Tuhan. Hal ini diungkapkan Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan MUI Maluku Utara, Rabia M Alhadar, saat pelantikan pengurus MUI Kabupaten Pulau Morotai, Jumat (29/6/2012) kemarin.

Rabia mengatakan, pengakuan Ashriyanti sebagai nabi muncul pada pertengahan Mei 2012 lalu. Mencuatnya pengakuan "nabi palsu" oleh Ashriyanti ini lantaran diterbitkannya sebuah buku dengan judul Pemimpin yang Diutus Cahaya dari Indonesia Timur for Presiden RI 2014.

Setelah diteliti, buku tersebut tidak memiliki penerbit yang jelas. Diduga buku tersebut dicetak sendiri oleh Ashriyanti. Beruntung, buku yang intinya mengklaim penulis sebagai utusan Tuhan itu belum beredar luas di masyarakat.

"Kita sudah panggil dia untuk berdialog dan kita sidangkan dia. Dia seolah mengklaim dirinya seorang nabi sebagai utusan Allah," kata Rabia.

Menariknya, lanjut Rabia, saat MUI bertanya tentang jumlah umat yang sudah mengikutinya, dengan santai Ashriyanti mengklaim semua orang adalah umatnya.

"Dia malah menjawab, Anda-anda ini umat saya," kisah Rabia.

Sejauh ini, MUI Maluku Utara sendiri belum bisa mengindentifikasi jumlah pengikut "nabi palsu" ini. Sebab, menurut Rabia, cara penjaringan pengikut Ashriyanti dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Namun, diduga pengikut Ashriyanti ada di Kepulauan Sula dan di Ternate. Saat ini, aktivitas Ashriyanti berada dalam pengawasan MUI Maluku Utara.

"Dia ini PNS di Sula. Kini dia melakukan aktivitas sembunyi-sembunyi di Sabia (salah satu kelurahan di Kota Ternate Tengah). Bahkan, dia ada pengikutnya," tambah Rabia.

Rabia kembali menambahkan, status Ashriyanti sebagai PNS di Kepulauan Sula pun diduga tidak lagi aktif. Hal tersebut karena yang bersangkutan jarang beraktivitas sebagai PNS.

Atas nama MUI Maluku Utara, Rabia lantas mengimbau kepada seluruh umat Muslim Maluku Utara agar tidak terpancing dengan ajaran-ajaran yang sesat seperti dibawakan oleh Ashriyanti.

"Karena dalam Al Quran sudah menjelaskan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah yang paling terakhir. Bila ada yang mengaku sebagai nabi di zaman sekarang ini, maka itu dikategori ajaran sesat yang dirasuki oleh syaitan," imbau Rabia.

KOMPAS.com

1 Yohanes 4:1 “Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.”

Kolose 2:8 “Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.”

Artikel Terkait:

1. MENGAKU NABI, SEMBUHKAN PENYAKIT DENGAN CAIRAN MEMATIKAN

Mengaku

[AkhirZaman.org] Seorang lelaki bernama Lethobo Rabalago (24) dari Limpopo, Afrika Selatan mengaku sebagai nabi. ...
17 hari yang lalu | Selengkapnya »

2. PENGANUT “ KUIL SETAN “ MEMBUAT SEBUAH PERKUMPULAN SESUD

Penganut

[AkhirZaman.org] Pengikut Satanis telah melakukan perekrutan mereka untuk untuk anak-anak Amerika yang sedang bertumbuh salah satunya melalui sekolah umum. ...
131 hari yang lalu | Selengkapnya »

3. DIGUNJING NETIZEN, PASTUR INI MENGAKU PERNAH SELFIE DI SURGA

Digunjing

[AkhirZaman.org] Seorang pastor asal Afrika Selatan, Paseka Motsoeneng, membuat pernyataan menghebohkan. ...
250 hari yang lalu | Selengkapnya »

4. PETANI MEKSIKO BANGUN PIRAMIDA ATAS PERINTAH ALIEN

Petani

[AkhirZaman.org] Seorang petani dari Meksiko, Raymundo Corona membangun Aztec Piramida setinggi 22-kaki di Padang Pasir, 74 km dari perbatasan Meksiko-AS. ...
270 hari yang lalu | Selengkapnya »

5. DOSA DALAM NAMA KRISTUS

Dosa

[Akhirzaman.org] Dengan semua tanda-tanda kuasanya seorang pemimpin sekte, Victor Barnard, mantan ketua persekutuan River Road di Finlayson, Minessota, telah menyembunyikan diri. Dia didakwa dengan 59 tuduhan perilaku seksual kriminal terhadap anak di bawah umur. ...
276 hari yang lalu | Selengkapnya »

6. KEUSKUPAN AGUNG SINGAPURA PERINGATKAN KEMUNCULAN NABI-NABI P

Keuskupan

[AkhirZaman.org] Keuskupan Agung Katholik Singapura memperingatkan umatnya atas kemunculan orang-orang yang diduga sebagai nabi palsu.  ...
311 hari yang lalu | Selengkapnya »

7. APAKAH "PENGANGKATAN" SUDAH DEKAT?

Apakah

[AkhirZaman.org] Apakah pengangkatan adalah peristiwa berikutnya dalam kalender (urutan) nubuatan? Salah satu evangelis terkenal mengatakan "kejutan awal" Armageddon menunjukkan pengangkatan gereja bisa segera terjadi. Apa yang Alkitab katakan? ...
502 hari yang lalu | Selengkapnya »

8. “LUCIFER” – KEBOHONGAN GELAP

“LUCIFER”

[AkhirZaman.org] Sebuah seri televisi yang akan tayang di Fox Network mencoba menafsirkan ulang Lucifer sebagai supernatural antihero yang bosan yang tinggal di Los Angeles. Tetapi apakah acara ini hanya sekedar hiburan… ataukah ini sebuah tipuan mencekam? ...
506 hari yang lalu | Selengkapnya »

9. IRLANDIA DUKUNG PERNIKAHAN GAY, GEREJA DIMINTA 'MELIHAT KENY

Irlandia

[AkhirZaman.org] Salah-seorang pemuka Katolik di Irlandia menyerukan agar gereja melihat kenyataan bahwa mayoritas warga negara itu telah mendukung pernikahan sesama jenis. ...
558 hari yang lalu | Selengkapnya »

10. MANTAN MENTERI KANADA KLAIM ALIEN ADA DI ANTARA MANUSIA BUMI

Mantan

[AkhirZaman.org] Seorang mantan menteri Kanada yang berusia 91 tahun belum lama ini mengklaim bahwa banyak pemerintah di dunia yang menyembunyikan keberadaan alien di tengah-tengah manusia. Pria tua itu adalah Paul Helyer, yang di masa lalu pernah menjadi menteri pertahanan Kanada pada tahun 1963-1967. ...
594 hari yang lalu | Selengkapnya »

Data Kunjungan

013242854
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
7319
10129
74246
80325
115859
12871788
13242854

IP Anda: 173.245.52.157
Tanggal: 2016-12-10 09:56:19

Online Saat Ini

We have 224 guests and no members online