Thursday, April 18, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPencarian MH370, Malaysia Siap Bayar Firma AS Rp940 Miliar

Pencarian MH370, Malaysia Siap Bayar Firma AS Rp940 Miliar

[AkhirZaman.org] Malaysia akan membayar US$70 juta atau setara Rp940 miliar kepada firma pemantau dan ekplorasi bawah laut, Ocean Infinity, jika perusahaan swasta itu berhasil menemukan puing pesawat atau kotak hitam MH370 yang hilang pada 2014 dalam 90 hari.

“Misi utama Ocean Infinity adalah mengidentifikasi lokasi jatuhnya pesawat dan atau kotak hitam yang merekam data penerbangan pilot (FDR). Juga mendapatkan bukti-bukti yang memastikan lokasi sebenarnya dari kedua benda itu,” kata Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai kepada wartawan di Kuala Lumpur, Rabu (10/1).

“Ini harapan saya dan kita semua untuk menemukan jawaban yang selama ini kita cari hampir empat tahun dan membawa kesimpulan dari kejadian yang memprihatinkan ini,” kata Liow sebagaimana dikutip Channel News Asia, Rabu (10/1).

Malaysia melalui Kementerian Transportasi baru-baru ini menandatangani kesepakatan bahwa pemerintah akan membayar Ocean Infinity hingga US$50 juta jika puing atau kotak hitam maskapai Malaysia Airlines itu ditemukan dalam 90 hari di zona prioritas perburuan seluas 25.000 kilometer persegi di lepas Samudra Hindia.

Kuala Lumpur akan membayar US$70 juta (Ro940 miliar) kotak hitam atau puing ditemukan di luar wilayah prioritas seperti diidentifikasi para peneliti Australia dalam pencarian sebelumnya.

Tim pencarian akan terdiri atas 65 kru kapal, termasuk dua perwakilan pemerintah dari angkatan laut. Operasi pencarian akan dimulai pada 17 Januari mendatang.

Ocean Infinity telah mengerahkan kapal peneliti Norwegia yang diharapkan mampu menempuh jarak pencarian hingga 1.200 kilometer persegi setiap harinya mulai pertengahan Januari. Sehingga diperkirakan misi akan rampung dalam 30 hari.

Pesawat Boeing 777 yang membawa sekitar 239 penumpang itu menghilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014 lalu. Sejak itu, pencarian pesawat dikerahkan sampai akhirnya ditangguhkan pada awal 2017 lalu karena tidak membuahkan hasil.

Pencarian selama hampir tiga tahun itu pun hanya menghasilkan tiga penemuan puing pesawat yang diyakini milik MH370. Puing-puing itu sebagian besar ditemukan di garis pantai sebelah barat Samudra Hindia.

Terakhir bahkan hanya mampu menempuh jarak 120.000 kilometer persegi selama dua tahun dengan menghabiskan dana hingga US$116 juta.

https://goo.gl/Yi8u7Q

Pesawat penumpang Malaysia MH370 yang menghilang sempat menghebohkan berita dunia pada tahun 2014 lalu bahkan usahakan pencarian bangkai pesawatnya mengalami hasil yang nihil bahkan sudah dibantu oleh beberapa negara dengan alat yang canggih.

Saat ini Malaysia masih penasaran dan berupaya kembali untuk menemukan kotak hitam pesawat yang naas ini dengan bayaran yang cukup tinggi. Semoga rencana manusia ini adalah rencana Tuhan kalaupun dengan menggunakan peralatan canggih tidak berhasil artinya manusia berusaha memakai kekuatannya yang sia-sia.

Mazmur 94:11 “TUHAN mengetahui rancangan-rancangan manusia; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka.”

(Ezr.th)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments

Anda rindu Didoakan dan Bertanya?